Presiden AS Joe Biden Positif Covid

By Nad

nusakini.com - Internasional - Presiden Joe Biden mengatakan pada hari Kamis (21/7) bahwa dia dites positif untuk Covid-19 tetapi akan terus bekerja saat berada dalam isolasi di Gedung Putih meskipun gejalanya ringan.

Dalam sebuah video yang diunggah ke Twitter, Biden mengatakan kepada orang Amerika bahwa dia "baik-baik saja" dan gejalanya terus ringan.

"Saya kira Anda mendengar, pagi ini saya dites positif Covid. Tapi saya sudah divaksinasi dua kali, dikuatkan dua kali. Gejalanya ringan dan saya sangat menghargai pertanyaan dan kekhawatiran Anda. Tapi saya baik-baik saja, menyelesaikan banyak pekerjaan, akan terus menyelesaikannya dan sementara itu, terima kasih atas perhatian Anda dan tetap percaya. Ini akan baik-baik saja," kata Biden, yang tidak mengenakan masker saat berdiri di luar di Balkon Truman, dalam video berdurasi 20 detik. Gedung Putih mengatakan video itu disyuting oleh videografer yang bermasker dan menjaga jarak.

Gejala ringan dan protokol diagnosis untuk Biden - seorang pria berusia 79 tahun yang berisiko tinggi mengalami penyakit parah - akan berarti mengisolasi dan "bekerja dan beristirahat" di kediaman Gedung Putih selama sisa hari itu, menurut pejabat senior administrasi. Ini adalah pertama kalinya Biden dites positif Covid-19, dan dia terakhir dites negatif pada Selasa (19/7), menurut sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre.

Biden telah menelepon beberapa orang dalam beberapa jam sejak diagnosisnya. Dia menulis di Twitter Kamis sore bahwa dia "baik-baik saja" setelah tes positif dan mengatakan dia menelepon politisi Pennsylvania untuk mengirimkan penyesalannya karena harus membatalkan perjalanan yang dijadwalkan ke persemakmuran. Tweet itu disertai dengan gambar Presiden tersenyum di meja, tanpa masker, di kediaman Gedung Putih.

Dalam memo yang dikirim ke staf, kepala staf Gedung Putih Ron Klain mengatakan Biden akan bekerja melalui telepon dan konferensi video selama beberapa hari ke depan setelah hasil positif.

"Saya sudah berbicara dengannya beberapa kali pagi ini tentang berbagai hal, dan dia fokus pada bisnis kami yang tertunda," tulis Klain pada hari Kamis. (cnn/dd)